1. Objek yang dipelajari biologi seluruh kehidupan oleh Carl Woese dikelompokkan menjadi....
a. 5 kingdom
b. 6 kingdom
c. 7 kingdom
d. 3 kingdom
e. 4 kingdom
2. Suatu kingdom kehidupan yang memiliki ciri khas tidak memiliki klorofil namun bersifat heterotrof saprofit/parasit, berkembang biak dengan spora adalah kingdom ....
a. Fungi
b. Monera
c. Protista
d. Plantae
e. Animalia
3. Organisasi lingkungan dari tingkatan yang sederhana menuju ke tingkat yang paling kompleks adalah ....
a. sel – organ – sistem organ –organisme
b. sel – organ – organisme – sistem organ
c. populasi – individu – komunitas –biosfer
d. populasi – individu – komunitas –ekosistem
e. individu – populasi – komunitas –ekosistem
4. Cabang biologi yang memiliki kajian berupa benda hidup yang hanya tampak dilihat dengan alat bantu adalah ....
a. virologi
b. bakteriologi
c. biologi nuklir
d. mikologi
e. mikrobiologi
5. Virus dapat memindahkan materi genetik dari bakteri satu ke bakteri lainnya melalui proses ....
a. transkripsi
b. transformasi
c. transduksi
d. konjugasi
e. sekduksi
6. Virus tidak dianggap sebagai sebuah sel dengan alasan ....
a. tidak memiliki bentuk
b. dapat melakukan perkembangbiakan
c. dapat dikristalkan
d. hanya hidup sebagai parasit saja
e. terlalu kecil dan tidak memiliki protoplasma
7. Untuk melawan virus yang masuk ke dalam tubuh baik pada manusia atau tubuh hewan maka tubuh akanmembentuk ....
a. antikoagulan
b. antikuman
c. antiserum
d. antibodi
e. antigen
8. Lebih mudah membedakan ciri antara padi dengan jagung dari pada membedakan ciri antara padi mamberamo dengan padi cisadane karena ....
a. padi dan jagung satu familia
b. padi dan jagung tergolong rumputrumputan
c. padi dan jagung berbeda familia
d. padi dan jagung berbeda species
e. padi dan jagung satu species
9. Mempelajari keanekaraman hayati bermanfaat seperti tersebut di bawah ini, kecuali ....
a. mengenal jenis-jenis makhluk hidup
b. mengetahui manfaat jenis-jenis makhluk hidup
c. mengetahui kekerabatan antar makhluk hidup
d. mengenal ciri-ciri makhluk hidup
e. mengetahui pangsa pasar jenis-jenis makhluk hidup
10.Berikut yang merupakan flora khas Papua adalah ....
a. bunga rafflesia dan kayu ebony
b. matoa dan cendana
c. kruing dan kayu ulin
d. durian dan matoa
e. matoa dan buah merah
11.Yang membedakan ekosistem lentik dan lotik adalah ....
a. salinitasnya
b. aliran air
c. curah hujan
d. intensitas cahaya matahari
e. ketinggian tempat
12.Penyatuan beberapa ruas tubuh cacing tanah yang berfungsi sebagai alat bantu kopulasi disebut ....
a. setae
b. nefridia
c. mirasidium
d. klitelum
e. kokon
13.Alat ekskresi cacing tanah berupa ....
a. kulit
b. hati
c. ginjal
d. nefridium
e. paru-paru
14.Tubuh bersegmen, terdiri dari cephalothoraks dan abdomen, bagian cephalothoraks dilindungi karapak, memiliki kaki jalan dan kaki renang.Ciriciri tersebut dimiliki Arthropoda kelas ....
a. Insecta
b. Arachnida
c. Myriapoda
d. Crustacea
e. Gastropoda
15.Yang tergolong insekta kelompok hemimetabola adalah ....
a. kupu-kupu
b. nyamuk
c. acerentulu
d. kumbang
e. belalang
Link dibawah adalah soal/artikel yang mungkin anda butuhkan :
- Soal UKK Sosiologi SMA Kelas 10 KTSP Tahun 2015
- Soal UKK Ekonomi SMA Kelas 10 Tahun 2015
- Soal UKK Fisika SMA Kelas 10 KTSP Tahun 2015
ADVERTISEMENTS
Related Post:
Soal SMA Kelas 10
- SOAL UKK PAI KELAS 10 TP. 2015-2016
- SOAL UKK TIK KELAS 10 TP. 2015-2016
- MATERI PELAJARAN SOSIOLOGI SMA KELAS 10, 11, 12. tentang PENGERTIAN NILAI
- PELAJARAN GEOGRAFI KELAS 10, 11,12 SMA, PENGERTIAN GEOGRAFI, PERINSIP-PERINSIP GEOGRAFI, UNSUR POKOK GEOGRAFI
- Soal UTS Ekonomi Kelas 10 Semester 1 TP. 2015-2016
- Soal UTS Sosiologi Kelas 10 Semester 1 KTSP TP. 2015-2016
- Soal UKK Bahasa Inggris SMA Kelas 10 Tahun 2015
- Latihan UKK Bahasa Indonesia Kelas 10 Cara Membuat Paragraf Naratif
- Soal UKK Geografi SMA Kelas 10 KTSP Tahun 2015
- Soal UKK Fisika SMA Kelas 10 KTSP Tahun 2015
- Soal UKK Ekonomi SMA Kelas 10 Tahun 2015
- Soal UKK Sosiologi SMA Kelas 10 KTSP Tahun 2015
Makasih...
ReplyDelete